Perbedaan Windows 10 Home Dengan Pro

Perbedaan Windows 10 Home Dengan Pro, Jangan Sampai Salah Pilih!

Apakah kalian binggung mau pakai OS windows 10 Home atau Pro pada laptop kamu? kalian pahami dulu apa Perbedaan Windows 10 Home Dengan Pro pada artikel ini.

Sistem OS Windows hampir serupa dengan sistem operasi android yang menyediakan berbagai versi tentunya. OS Windows 10 juga menawarkan beberapa edisi untuk para penggunanya.

Mulai dari Windows 10 Pro, Home, Enterprise, dan lainnya yang tentu memiliki fungsi, keunggulan, serta kelemahan pada masing-masing OS nya itu.

Namun, dari sekian banyak edisi Windows 10 tersebut, Windows 10 Home dan Pro lah yang memiliki  paling banyak jumlah pengguna pada saat ini.

Tapi, kamu tahu tidak apa sih sebenarnya perbedaan di antara kedua edisi OS Windows 10 ini? Yuk, kita cari tahu perbedaan dari OS berikut ini.

Perbedaan Windows 10 Home dan Pro

Apakah kamu berencana untuk melakukan upgrade OS windows home ke edisi yang pro? Atau kalian juga masih binggung mau install edisi mana yang cocok dengan kebutuhan kamu saat ini?

Biar kamu tidak binggung lagi soal OS ini, maka lebih baik kalian untuk simak perbedaan OS windows 10 Home dan Pro ini sebagai berikut.

1. Fitur yang Disediakan

Perbedaan Windows 10 Home Dengan Pro

Tidak asal menawarkan berbagai edisi berbeda yang akan membuat bingung konsumennya. Tentu ada alasan kenapa Microsoft akhirnya menyediakan sejumlah edisi terhadap versi OS terbarunya itu.

Salah satunya alasannya adalah karena adanya perbedaan fitur-fitur yang telah disediakan oleh kedua edisi Windows 10 ini.

Walaupun secara keseluruhan keduanya menawarkan fungsi yang sama, namun dari segi fitur,tentu saja Windows 10 Pro hadir dengan lebih unggul dibandingkan saudaranya itu.

Ada beberapa fitur Windows 10 Pro yang tidak tersedia pada edisi Home. Seperti contohnya BitLocker, Device Guard dan Secure Boot, Hyper-V, Remote Desktop, dan masih banyak lagi fitur lainnya.

Untuk pemakaian seperti kebutuhan bisnis atau kantoran, kehadiran fitur-fitur tersebut tentu sangatlah bermanfaat dan membantu para penggunanya.

2. Sistem Keamanan

Perbedaan berikutnya ada diantara Windows 10 Home dan Pro yaitu terletak pada sistem keamanan yang dimilikinya pada masing-masing OS.

Windows 10 Pro yang memang ditujukan untuk kebutuhan profesional yang telah dibekali dengan sistem keamanan yang lebih kuat jika dibandingkan edisi Windows 10 Home.

Salah satunya adalah dengan menghadiran Windows Defender yang memiliki fungsi untuk memproteksi perangkat laptop/PC dari ancaman virus berbahaya.

Selain dari pada itu, edisi Windows 10 Pro juga telah dilengkapi dengan modul Enterprise Data Protection yang berfungsi untuk memastikan keamanan data penting penggunanya dengan cara enkripsi data penting tersebut.

3. Pengaturan Windows Update

Lagi asyik nonton film di laptop, tiba-tiba saja OS Windows 10 kamu minta update dan restart? Tentu saja sebel banget dong?

Tapi, hal ini akan lain ceritanya jika laptop kamu sudah menggunakan edisi Windows 10 Pro. Soalnya, edisi Windows ini memungkinkan penggunanya untuk dapat menunda updatenya hingga 35 hari ke depan.

Selain dari itu, kamu juga bisa mengatur jadwal update Windows di jam-jam saat aktivitas komputasi kamu lagi nggak terlalu padat.

Sementara itu, pada Windows 10 Home sayangnya tidak ada menyediakan fitur ini sehingga Microsoft memiliki kontrol penuh atas update Windows di perangkat pengguna.

4. Limit Kapasitas RAM yang Didukung

Selain dari beberapa hal yang berada diatas, perbedaan lainnya diantara Windows 10 Home dan Pro adalah dari segi limit memory RAM yang sanggup ditampungnya.

Windows 10 Pro kabarnya dapat mendukung kapasitas RAM dengan maksimal mencapai 2TB, sementara Windows 10 Home hanya bisa sampai 128GB saja.

Oleh karena itu, kalian tidaklah perlu heran kalau edisi Windows 10 Pro pada akhirnya memang ditargetkan untuk para pengguna profesional dengan kebutuhan seperti kantoran atau bisnis.

5. Harga

Dengan berbagai keunggulan serta kelebihan yang ditawarkan oleh keduanya, tentu saja akan ada perbedaan dari segi harga antara Windows 10 Home dan Pro.

Tentu saja Windows 10 Pro yang dibekali dengan fitur lebih beragam dijual dengan harga yang sedikit lebih mahal jika kita bandingkan dengan versi Home-nya.

Di situs resmi Microsoft Indonesia, Windows 10 Home sendiri dibanderol dengan harga Rp2.599.000, sementara Windows 10 Pro dijual dengan harga Rp3.799.000.

Nah itulah beberapa perbedaan di antara Windows 10 Home dan Pro yang berhasil kami kumpulkan, jadi kalian sudah tahu mana pilihan yang paling cocok dengan kebutuhan kalian?